Minggu, 04 Desember 2016

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Assalaamu'alaikum WarahmatullaaHi WabarakaatuH ...!
Selamat sejahtera ..!
Salam HOKU ..!!


Smartphone merupakan hal yang akan tidak lepas dalam keseharian kita. Namun, apa yang terjadi jika smartphone anda terjadi masalah? Salah satunya ialah Lag/Lemot. Ini ialah hal yang paling meresahkan bagi pengguna smartphone. Secanggih apapun smartphone anda, pasti akan mengalami hal seperti ini. Loading yang sangat lama, Booting RAM lambat, ngeHeng, dan lain sebagainya. Dengan begitu pasti anda merasa kesal dan ingin banting smartphone.

Cara Mempercepat Android yang Lemot:

1. Jangan Menggunakan Live Wallpaper
Memang kalau kita menggunakan live wallpaper terlihat bagus dan keren. Namun, tanpa disadari smartphone anda menjadi boros baterai dan yang pastinya 'lemot'. Jadi, sebaiknya gunakanlah wallpaper yang standard, smartphone yang saya miliki saja menggunakan wallpaper hitam (blank). Saya merasakan bagaimana bedanya menggunakan live wallpaper dengan menggunakan wallpaper yang biasa saja. Dengan menggunakan wallpaper biasa saja, smartphone kita terasa lebih nyaman dan jika terjadi loading berjalan dengan stabil dan tidak lemot.

2. Bersihkan Home Screen dari Widget
Pada bagian home screen janganlah terlalu banyak memasang widget. Memang terlihat lebih bagus dan indah. Namun, dengan itu bisa terjadi Smartphone anda menjadi 'lemot'. Apalagi anda menggunakan widget yang selalu memberikan informasi terbaru setiap saat yang dapat menguras baterai smartphone anda dan memperlambat kinerja smarthpone. Gunakanlah widget yang dibutuhkan saja.

3. Menggunakan MicroSD
Gunakanlah MicroSD agar dapat memberi ruang yang luas untuk smartphone anda. Selain itu juga, beban RAM menjadi berkurang dan terasa lebih ringan sehingga mempercepat proses kegiatan dalam menggunakan smartphone. Dan saya rekomendasikan gunakanlah MicroSD yang berukuran besar (disesuaikan dengan spesifikasi smartphone). Saya memiliki rekomendasi untuk anda, silahkan dibaca Smartphone Murah RAM 3 GB.

4. Memindahkan Data ke Eksternal (MicroSD)
Pasti jika kita mendownload sesuatu apapun itu akan tersimpa di internal dan itu membuat Android kita menjadi lamban. Jadi, tidak ada salahnya jika anda memindahkan datanya ke MicroSD / Eksternal.

5. Menghapus History Chat
Jangan terlalu meremehkan hal sekecil ini. Hapuslah chat history anda yang berada pada BBM / Line / WA / SMS atau sosial media lainnya yang menurut anda tidak terlalu penting. Semua itu berpengaruh pada memori smartphone anda. Jika anda membiarkan itu semua, jangan kaget jika smartphone anda berubah menjadi 'lemot'.

6. Gunakanlah Satu AntiVirus
Mengapa demikian? Aplikasi AntiVirus itu selalu bekerja di dalam smartphone anda. AntiVirus sering bekerja pada sistem Android. Tidak terbayang jika anda menggunakan AntiVirus lebih dari satu, pasti permintaan RAM pun menjadi lebih besar. Jadi sebaiknnya gunakanlah satu AntiVirus saja.

7. Hapus Aplikasi yang Sudah Terpakai
Jangan anda biarkan aplikasi yang sudah tidak terpakai hanya sebagai koleksi saja. Hapuslah aplikasi tersebut. Aplikasi itu berpengaruh kepada ruang penyimpana data & RAM di smartphone anda dan juga kinerja smartphone bisa melambat.

8.. Menutup Aplikasi yang sedang Tidak Digunakan
Memang terkadang kita suka tidak menyadari setelah menggunakan aplikasi, kita lupa untuk menutup aplikasi tersebut. Aplikasi yang sedang berjalan sudah pasti membutuhkan memori RAM. Dengan begitu, smartphone anda bisa menjadi 'lemot'.

9. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Auto Brightness
Fitur yang mengatur intensitas cahaya yang diterima oleh smartphone anda. Fitur Auto Brightness ini dapat menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang berada pada sekeliling anda. Gunakanlah fitur ini seperlunya saja.

10. Gunakan Fitur Auto Rotate Seperlunya
Fitur yang dapat mengubah tampilan pada layar smartphone secara otomatis sesuai selera dalam bentuk horizontal maupung vertikal. Menurut saya jika anda jarang menggunakan fitur ini sebaiknya dinonakfitkan saja, dengan begitu kinerja smartphone anda dapat meningkat.



Baik, tadi diatas ialah 10 Cara Mengatasi Android yang Lemot. Sebenarnya masih terbilang banyak untuk cara-caranya, hal sepele yang kadang tidak kita sadari pun bisa jadi itulah penyebabnya.

Cukup sekian untuk kali ini, jika ada pertanyaan atau apapun itu langsung komen aja di bawah ;) Stay terus di blog saya, semoga bermanfaat.
Wassalaamu'alaikum WarahmatullaaHi WabarakaatuH ...!
Salam HOKU ..!!

0 komentar:

Posting Komentar