Minggu, 23 Oktober 2016

Belajar Memahami SEO dengan Mudah

Assalaamu'alaikum WarahmatullaaHi WabarakaatuH ...!
Selamat sejahtera ..!
Salam HOKU ..!!


Untuk kesempatan kali ini kita akan belajar bersama mengenai Apa itu SEO ? Menurut saya, jika anda mencoba mencari pengertian SEO di website lain, kata-katanya agak rumit untuk dipahami. Jadi saya akan menjelaskan dengan bahasa yang singkat dan jelas. Jadi, SEO itu adalah Suatu teknik untuk memaksimalkan trafik pengunjung dan memenuhi standar kualitas dari Search Engine Google. SEO itu sendiri juga memiliki kepanjangan, yaitu  Search Engine Optimization.

Baiklah, kita langsung saja mengenali SEO lebih dalam.
Ayook, mari kita bahas..

Learn of Search Engine Optimization



Pertama-tama kita awali dengan Do'a 

BismillaaHirrahmaanirrahiim.. (Sesuai kepercayaan masing-masing :D)

Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu Sejarah Singkat dari SEO.

Menurut Danny Sullivan istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada tanggal 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari masih belum terlalu kompleks, sehingga mudah dimanipulasi.

SEO. Yaa, SEO. Teknik ini memang cukup terdengar sulit bagi kalangan pemula. Berikut ialah 3 Tips yang membantu kita dan yang terpenting agar halaman website kita menjadi optimal, maksimal dan dikenali oleh Search Engine:

  1. Memilih keyword yang tepat
  2. Link Exchange
  3. Mengoptimalisasikan ulang

3 Tips tambahan yang dapat meningkatkan rangking SEO kalian:


  1. Memberikan konten yang berkualitas
  2. Link relevan
  3. Menambahkan site map dan memasukkan situs ke direktori

Dasar SEO Yang Wajib Kita Pelajari:


Kita semua pasti dalam melakukan sesuatu butuh yang namanya dasar atau basic. Sebelum menjadi ahli dalam SEO, kita harus mempelajarinya dari dasar hingga menuju kalangan professional. Di dunia ini sudah tidak ada yang namanya instan (kecuali mie instan :D). Semua yang akan kita lakukan seluruhnya butuh proses. Mari kita awali proses ini melalui pengenalan-pengenalan Basic SEO. Baiklah, Let's goo..

On Page SEO

On Page SEO ialah suatu teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan halaman website dengan menerapkan beberapa dasar keyword agar situs kalian bisa agar dapat dinilai relevan oleh Google.

Berikut ialah Dasar yang wajib kalian terapkan dalam "On Page SEO"

  1. Title Tag 
Title Tag itu hampir sama seperti judul artikel, umumnya search engine membaca itu title tag. Jadi buatlah judul artikel (Title Tag) kalian semenarik mungkin agar mudah terdeteksi oleh Search Engine Google.
 
  1. Meta Description
Meta Description adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan kalimat artikel kalian. Agar MD dapat menarik perhatian pengunjung kita bisa memodifikasinya di plugin (bagi yang menggunakan WordPress).

  1. URL
URL, memiliki arti yang mirip dengan hyperlink. Contoh dari URL seperti ini "hokutekno.blogspot.com" atau ini "http://hokutekno.blogspot.com/2016/11/fakta-fakta-unik-android-lollipop.html" Jadi, URL (Uniform Resource Locator) adalah sekumpulan rangkaian kata menurut standar terntentu untuk menunjukkan alamat tertentu. Dalam Search Engine Google, URL ini sangat penting.

  1. Heading (h1, h2, h3, h4)
Untuk heading pasti kita mengenalnya. Heading itu sekumpulan kata yang menjadi judul atau sub judul atau minor judul. Di dalam HTML, ia menyediakan 6 tingkatan dalam heading.

  1. Link to Site Authority
Mungkin dari artinya kita sudah mengerti maksudnya. Link to Site Authority adalah dimana dalam sebuah postingan terdapat situs web terpercaya oleh kita semua, termasuk Google (Memiliki Page Rank yang Tinggi). Seperti youtube, wikipedia, facebook dan lain sebagainya. Untuk mengetahui PR (Page Rank), kalian bisa menginstall Extensi WebRank SEO.

  1. Image / Picture
Gambar yang kalian sisipkan pada artikel pastinya harus cocok dengan judulnya. Dari Gambar yang kalian sisipkan itu mempengaruhi Search Engine.

Off Page SEO

Pengertian dari Off Page SEO ini hampir sama dengan pembahasan kita tadi yang diatas. Namun kali ini kita mengoptimalkan halaman website di luar situs. Berikut ialah dasar dari "Off Page SEO"

  1. Backlink
Backlink berarti situs kita tedapat pada situs orang lain yang memiliki Page Rank tinggi. Search Engine sangat menyukai hal seperti itu, maka posisi ranking kita dapat meningkat. Bahkan kalian bisa menjadi situs ranking tinggi dengan kata kunci yang ditargetkan jika mendapatkan backlink dari situs yang memiliki Page Rank sangat tinggi

  1. Backlink & Link Spam
Kita boleh melakukan backlink, tetapi ada batasnya juga. Jika kalian terlalu banyak/berlebihan backlink akan menjadi Link Spam. Link Spam sangat tidak berkualitas dan dibenci oleh Search Engine Google. Otomatis situs anda akan mengalami hal yang buruk.


Ok, saya berharap anda semua paham apa yang telah saya sampaikan. Semua itu butuh PROSES dan KESABARAN yang tinggi. Terima Kasih telah membaca artikel saya.

Cukup sekian untuk kali ini, jika ada pertanyaan atau apapun itu langsung komen aja di bawah ;) Stay terus di blog saya, semoga bermanfaat.
Wassalaamu'alaikum WarahmatullaaHi WabarakaatuH ...!
Salam HOKU ..!!

0 komentar:

Posting Komentar